Sunday, July 5, 2015

Tatapan Bayi Bisa Memprediksi Bagaimana Perilakunya Saat Beranjak Besar





tatapan bayi bisa memprediksi bagaimana perilakunya saat beranjak besar

Studi terbaru yang dilakukan para peneliti dari London dan Italia menemukan bahwa lamanya tatapan bayi bisa menunjukkan apakah mereka menderita masalah perilaku di kemudian hari. Penelitian ini menganalisis tatapan bayi yang baru lahir sejak usia satu hingga empat hari, lalu melajutkannya lagi saat usia bayi sudah lebih tua.


dalam Peneliti menemukan bahwa bayi yang menatap objek dalam waktu lebih singkat cenderung  memiliki masalah perilaku pada usia tiga hingga 10 tahun. Hal ini merupakan penemuan pertama bahwa ada hubungan yang signifikan antara cara bayi melihat sebuah gambar dengan temperamen dan prilakunya di kemudian hari, seperti masalah hiperaktif.

ini telah dimulai sejak tahun 2004 dengan mempelajari ketertarikan dan tingkat perhatian visual 180 bayi baru lahir pada gambar yang diperlihatkan. Ketika usia bayi mencapai 3-10 tahun, perkembangan prilaku mereka pun ditindaklanjuti dengan meminta para orangtua mengisi kuesioner psikologis kualitatif.


Hasilnya, bayi yang lebih lama melihat masing-masing objek ternyata nggak punya masalah perilaku serius dan cenderung bertingkah pola normal di usia kanak-kanaknya. Meski begitu, hasil penemuan ini sama sekali tidak melibatkan faktor lingkungan yang mungkin memengaruhinya, melainkan mengungkap juga sebuah temuan baru bahwa prilaku bawaan sejak lahir ternyata memang benar ada.

0 comments:

Post a Comment